Rabu, 03 Desember 2008

PREDIKSI ULANGAN SEMESTER 1 KELAS XII

RALAT
Untuk menghadapi ULANGAN AKHIR SEMESTER I pelajari soal tengah semester, akhir semester Dyang ada di LKS. adapun kunci jawaban sebagai berikut ;
SOAL TENGAH SEMESTER:
Tes Tertulis
I. Pilihan Ganda
1. b 6. d 11. c 16. a 21. b
2. a 7. c 12. a 17. e 22. e
3. d 8. e 13. e 18. b 23. d
4. a 9. b 14. c 19. c 24. a
5. c 10. d 15. d 20. a 25. a
II. Isian
1. desainer
2. komunikasi
3. pengolah piksel
4. Color Palette
5. membatalkan penghapusan
6. layout
7. 100%
8. Artistic Media Tool
9. Text tool
10. Bezier
III. Uraian
1. Aplikasi pengolah vektor mempunyai kemampuan mengolah gambar yang berbasis pada vektor (garis). Sedangkan aplikasi pengolah piksel mempunyai kemampuan mengolah gambar yang berbasis pada raster seperti foto, gambar scanner dan lain-lain. Perkembangan teknologi deweasa ini, program vektor mempunyai kemampuan mengolah bitmap.
2. Hasil desain bitmap memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan mempunyai kecenderungan mengalami pecah ketika gambar diperbesar.
3. Fasilitas yang terdapat pada CorelDRAW yang difungsikan untuk memberikan efek bayangan pada objek.
4. Dari menu File, pilih Save, kemudian akan tampil kotak dialog Save As. Pada kotak menu Save in, tentukan letak penyimpangan pada flash disk dan nama file gambar 1, kemudian akhiri dengan menekan Save.
5. Tandai gambar kepala hewan tersebut dengan pick tool, kemudian bawa penunjukan mouse ke arah kanan bawah tanda node hingga berubah menjadi dua arah panah. Lakukan drag ke bawah kanan hingga diperoleh perbesaran tertentu dan kemudian lepas (drop).

AKHIR SEMESTER
Tes Tertulis
I. Pilihan ganda
1. d 11. a 21. c
2. e 12. d 22. c
3. c 13. b 23. d
4. c 14. c 24. e
5. d 15. a 25. c
6. a 16. d 26. b
7. b 17. e 27. d
8. e 18. b 28. a
9. b 19. a 29. e
10. c 20. b 30. b
II. Isian
1. Corel Photopaint
2. Vertical Scrollbar
3. label
4. garis terputus-putus biru
5. atas kiri
6. meniadakan
7. artistixc text
8. tekstur
9. Interactive blend tool
10. mencetak halaman 2 dan 7
III. Uraian
1. Kemajuan hardware dan software desain grafis mampu memberikan kemudahan dalam menuangkan kreativitas dan ide kreasi yang dimiliki dengan cara yang cepat tanpa membutuhkan peralatan desain tradisional yang begitu banyak. Teknik desain, pewarnaan, editing gambar hingga print out dapat dilakukan dengan mudah. Dengan demikian tingkat efisiensi dan efektivitas dapat dicapai dengan penggunaan perangkat digital ini.
2. Persiapkan objek yang hendak dibuat efek, tandai dengan pick tool hingga indikator berubah menjadi panah yang mengitari objek gambar. Bawa penunjukan mouse pada sisi sebelah bawah tengah hingga penunjukan mouse berubah menjadi dua arah panah, lalu lakukan drag ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kemiringan skew.
3. a. Persiapkan teks yang hendak diberikan efek 3 dimensi.
b. Dari menu Tool, pilih menu Interactive Extrude Tool.
c. Kemudian tentukan model extrude yang dikehendaki melalui menu Present yang terdapat dalam menu Property dengan Extrude 6. Setelah itu akan diperoleh hasil desain yang dikehendaki.
4. Resample image adalah proses perubahan ukuran gambar yang dapat dilakukan menggunakan fitur Resample. Akibat penggunaan fitur ini, gambar objek akan berubah menjadi kecil atau besar.
5. Dari menu File, pilih menu Print dan kemudian akan muncul kotak dialog Print. Pada kotak menu page tentukan: 5,7 dan number of copies: 2, kemudian akhiri dengan menekan OK.

PREDIKSI SOAL AKHIR SEMESTER
Tes Tertulis
I. Pilihan Ganda
1. d 10. a 19. d
2. e 11. c 20. b
3. b 12. e 21. a
4. a 13. d 22. c
5. e 14. b 23. d
6. c 15. c 24. e
7. d 16. a 25. a
8. e 17. d
9. b 18. c
II. Isian
1. x2 + y2 = R2
2. import
3. layout
4. freehand
5. cut and paste
6. lingkaran
7. garis bawah
8. fill color dialog
9. distorsi
10. cropping
III.Uraian
1. Gambar bitmap memiliki kecenderungan pecah jika mengalami perbesaran. Hal ini disebabkan perbesaran objek gambar tidak diimbangi dengan penambahan pixel (titik). Sedangkan gambar vektor (garis) mampu menyesuaikan dengan ukuran yang ditentukan. Ha ini disebabkan gambar yang didesain berbasis pada garis.
2. Ellipse, Freehand, Bezier, dan Fill Color Tool.
3. Dari menu Layout, pilih menu Page Setup. Kemudian akan tampil kotak dialog Option, Size, lalu tandai item Landscape serta kotak paper tentukan A4, dan akhiri dengan menekan OK.
4. Untuk menghilangkan warna tertentu di dalam image bitmap, sehingga apabila terdapat objek lain maka objek tersebut akan terlihat.
5. a. Lakukan import gambar ke dalam media kanvas gambar.
b. Buatlah objek shape yang nantinya akan digunakan untuk menempatkan gambar.
c. Melalui penggunaan tool pick, seleksilah/tandai image bitmap di dalam kanvas.
d. Pilih menu Effects, PowerClip, dan pilih menu Place inside Container. Dengan demikian pointer mouse akan berubah menjadi tanda panah besar.
e. Tekan klik pada objek shape sehingga bitmap akan masuk ke dalam objek shape tersebut. Dengan demikian area yang berada di luar area objek shape tidak akan terlihat.

0 komentar: